s
  • PPID SMA NEGERI 1
    PADANG GELUGUR
  • PROVINSI SUMATERA BARAT

POHON KARIER

Apa itu pohon karir?

Seperti yang telah disebutkan di atas, pohon karir adalah alat untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir untuk mencari, memilih, menyiapkan, dan menyesuaikan diri terhadap karir. Tentu saja, pemilihan karir ini disesuaikan dengan minat, bakat, serta kemampuan individu tersebut sehingga mampu mengembangkan diri di lingkungan masyarakat.

Selain pohon karir, ada pula pohon harapan yang juga sering dijadikan media pembelajaran. Berdasarkan definisinya, pohon harapan adalah alat atau media untuk membantu menyampaikan materi yang berisi tentang bimbingan bidang belajar untuk menumbuhkan motivasi belajar. Melalui cara tersebut, diharapkan para siswa menjadi sosok yang memiliki impian serta harapan hidup yang lebih baik di masa yang akan datang.

Tujuan umum pohon karir

Secara garis besar, pohon karir memiliki tujuan umum untuk membantu siswa dalam memahami dirinya sendiri serta lingkungannya. Dengan begitu, mereka bisa mengambil keputusan, merencanakan, dan mengarahkan keputusan perencanaan tersebut secara tepat.

Jika keputusan dan perencanaan yang diambil tepat sasaran, maka sudah pasti karir, harapan, dan juga cara hidup di kemudian hari akan memberi kepuasan yang layak sekaligus seimbang.

Pohon karir juga bisa meningkatkan pemahaman diri siswa. Media ini juga berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang dunia kerja, membina sikap yang serasi terhadap partisipasi, dan meningkatkan kemahiran berpikir supaya mampu mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, pohon karir juga bisa digunakan untuk tujuan mengembangkan nilai yang berhubungan dengan gaya hidup yang diimpikan.

Fungsi pohon karir

Bukan hanya menyimpan beberapa manfaat bagi pengembangan diri siswa, pohon karir juga memiliki fungsi lain, di antaranya:

  • Fungsi persiapan

Di dalam aspek fungsi persiapan terdapat aktivitas guru yang memberikan informasi seputar perguruan tinggi ataupun studi lanjut yang bisa didapatkan oleh setiap siswa.

  • Fungsi pencegahan

Sesuai dengan namanya, para guru bisa memberikan bantuan supaya siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami dirinya sendiri yang terkait dengan pekerjaan. Hal ini bisa mencegah siswa melakukan kesalahan dan menentukan langkah mereka saat menemukan karir yang diinginkan.

  • Fungsi penempatan

Media ini juga memungkinkan guru untuk membantu penempatan siswa pada bidang atau jenis pendidikan tertentu, misalnya dalam hal penjurusan ataupun pelatihan hingga pekerjaan. Dengan begitu, para siswa bisa mengambil keputusan sendiri secara tepat dan bijaksana.

  • Fungsi penyesuaian

Para guru pembimbing akan membantu siswa dalam menyesuaikan diri sesuai jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.

  • Fungsi pengembangan

Terakhir, adalah fungsi pengembangan di mana guru membantu siswa dalam mengembangkan seluruh pribadinya dengan terarah pada setiap minat kerja yang dimiliki.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PROFIL PEJABAT PPID

  Data Pribadi Nama Nip Pangkat/golongan Jabatan Pendidikan Terakhir Tempat Tugas Status Guru Nama Istri Pekerjaan Istri Alamat Rumah Email : Nelson, S. Pd, MM : 19691003 199412 1

15/09/2023 11:01 - Oleh Admin Website - Dilihat 271 kali
TATA CARA PENGADUAN

14/09/2023 16:20 - Oleh Admin Website - Dilihat 224 kali
PENGADAAN BARANG & JASA

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA   NOMOR 54 TAHUN 2010   TENTANG PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH   DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA   PRESIDEN REPUBLIK INDONE

14/09/2023 16:14 - Oleh Admin Website - Dilihat 248 kali
Alasan Penolakan

14/09/2023 13:26 - Oleh Admin Website - Dilihat 236 kali
Jumlah Pemohon Yang Dikabulkan

14/09/2023 13:22 - Oleh Admin Website - Dilihat 216 kali