s
  • PPID SMA NEGERI 1
    PADANG GELUGUR
  • PROVINSI SUMATERA BARAT

KEGIATAN JASMANI&OLAHRAGA

Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Selain itu dalam pengembangan olahraga perlu dilakukan sebuah pendekatan keilmuan yang menyeluruh dengan jalan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan adalah peningkatan kualitas dan kuantitas pengetahuan dan teknologi yang bertujuan memanfaatkan kaedah dan teori ilmu pengetahuan yang telah terbukti kebenarannya untuk peningkatan fungsi, manfaat, dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada atau menghasilkan teknologi baru bagi kegiatan keolahragaan.Untuk dapat menggerakkan pembinaan olahraga harus diselenggarakan dengan berbagai cara yang dapat mengikutsertakan atau memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga secara aktif, berkesinambungan, dan penuh kesadaran akan tujuan olahraga yang sebenarnya. Pembinaan olahraga yang seperti ini hanya dapat terselenggara apabila ada suatu system pengelolaan keolahragaan nasional yang terencana, terpadu, dan berkesinambungan dalam semangat kebersamaaan dari seluruh lapisan masyarakat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan olahraga prestasi, antara lain:

1. Identifikasi Pemanduan Bakat. Atlet yang berhasil adalah mereka yang memiliki kualitas unggul, tidak saja fisik tetapi juga psikis. Setelah bakat ditemukan, perlu dipandu dan dikembangkan menjadi sesuatu yang aktual dengan menggunakan ilmu dan teknologi.

2. Pembinaan Berjenjang dan Berkelanjutan. Pembinaan harus dilakukan secara terus menerus dan berjenjang dengan memperhatikan input atlet yang akan masuk ke dalam pembinaan. Diperlukan metode tertentu untuk mendapatkan atlet potensial dengan tidak meninggalkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Pemberdayaan Semua Jalur Pembinaan. Pendayagunaan semua sumber daya harus dilakukan dan menjadi bagian yang diprioritaskan dalam pelaksanaan pembinaan.

4. Prioritas Cabang Olahraga. Untuk meningkatkan efektivitas pembinaan olahraga terkhusus olahraga prestasi diperlukan keberanian untuk membuat keputusan dalam hal penetapan prioritas cabang olahraga yang akan dibina. Dengan adanya prioritas tentu aja pembinaan yang dlakukan harus difokuskan tanpa mengabaikan cabang olahraga yang lain.

5. Penetapan Standar Kualitas. Dalam ruang lingkup olahraga prestasi harus bisa menetapkan standar kualitas semua pihak. Dalam hal meningkatkan daya saing diperlukan peningkatan upaya dan kekuatan komponenkomponen strategis, seperti peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas termasuk pelatih, guru, manajer, instruktur dan yang lainnya.

6. Investasi dan Implementasi IPTEK. Kedudukan IPTEK olahraga perlu diberdayakan dengan menitikberatkan pada proses pembinaan dan evaluasi disamping peningkatan kemampuan dan riset di bidang olahraga. Peran IPTEK sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi.

7. Sistem Jaminan Kesejahteraan dan Masa Depan. Penyediaan danpenerapan sistem penghargaan bagi atlet dan pelatih perlu dioptimalkan. Secara prinsip pembinaan atlet perlu disertakan dengan perencanaan karir terutama setelah mereka tidak aktif lagi sebagai atlet. Jaminan hidup akan memotivasi setiap atlet untuk berprestasi.

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PROFIL PEJABAT PPID

  Data Pribadi Nama Nip Pangkat/golongan Jabatan Pendidikan Terakhir Tempat Tugas Status Guru Nama Istri Pekerjaan Istri Alamat Rumah Email : Nelson, S. Pd, MM : 19691003 199412 1

15/09/2023 11:01 - Oleh Admin Website - Dilihat 396 kali
TATA CARA PENGADUAN

14/09/2023 16:20 - Oleh Admin Website - Dilihat 334 kali
PENGADAAN BARANG & JASA

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA   NOMOR 54 TAHUN 2010   TENTANG PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH   DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA   PRESIDEN REPUBLIK INDONE

14/09/2023 16:14 - Oleh Admin Website - Dilihat 386 kali
Alasan Penolakan

14/09/2023 13:26 - Oleh Admin Website - Dilihat 334 kali
Jumlah Pemohon Yang Dikabulkan

14/09/2023 13:22 - Oleh Admin Website - Dilihat 317 kali